Saya memilih situs PLASA.COM
Plasa.com melalui situs www.plasa.com dari PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan e-commerce melalui situs internet
shopping (belanja internet) sebagai sarana penyedia barang / produk berkualitas
yang dapat dengan mudah dibeli oleh para konsumen melalui situs shopping plasa
yang dapat dipercaya serta memiliki ruang lingkup mendunia.
Plasa.com dikelola oleh Iriana
Muadz, Chief Executive Officer PT Metranet, ia berharap melalui situs yang
terintegrasi ini pihaknya berharap dapat memperkaya konten Plasa.com dan
memberikan kesempatan bagi kalangan dunia usaha untuk dapat memanfaatkan
ekosistem Plasa.com yang beragam ini untuk menjangkau target pasar yang lebih
luas lagi, baik dari segi demografis maupun psikografis. “Melalui strategi ini,
Plasa.com yakin dapat menjadi portal e-commerce yang akan banyak dimanfaatkan
oleh para pengusaha dalam mencari saluran distribusi baru sehingga dapat menjangkau
target konsumen mereka ke pasar yang lebih luas (DUNIA),”.
Produk layanan TELKOM yang satu ini
baru-baru ini telah membuka 2 situs baru sebagai tambahan situs plasa.com,
yaitu Plasa.com dan Plasa Ticket. Plasa.com memperkenalkan dua situs baru yaitu
Plasa.com merupakan situs yang menyediakan barang-barang berkualitas, high end
serta up to date sedangkan Plasa Ticket yang melayani penjualan tiket konser
dan pertunjukan. Kedua situs baru ini melengkapi situs sebelumnya yaitu Plasa
Trade Center yang merupakan situs layanan khusus untuk Usaha Kecil dan
Menengah. Plasa.com dapat diakses di alamat www.plasa.com,
sedangkan Plasa Ticket dan Plasa Trade Centre dapat diakses melalui http://.plasa.com
dan http://trade.plasa.com.
Strategi
Perdagangannya yaitu:
- Memberikan kesempatan bagi kalangan dunia usaha untuk
dapat memanfaatkan ekosistem Plasa.com yang beragam ini untuk menjangkau target
pasar yang lebih luas lagi, baik dari segi demografis maupun psikografis.
- Menyediakan
infrastruktur layanan situs belanja guna meningkatkan layanan agar pelanggan
lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah dalam mengakses layanan dengan
informasi yang menghibur dan edukatif, sehingga bisa memenuhi kebutuhan
konsumen dari seluruh Indonesia akan berbagai jenis barang.
- Plasa.com juga
membuat strategi kerjasama dengan eBay
untuk memberdayakan bisnis dari Indonesia dengan memberikan fasilitas bagi para
penjual asal Indonesia untuk menjual barang mereka dengan pangsa pasar
international melalui eBay.
-
Membuat
situs rangkap atau situs tambahan belanja seperti plasa tiket dan plasa trade
center dengan tujuan menambah pelayanan bagi konsumen plasa.com dan memperluas
ruang lingkup belanja para konsumen.
-
Menyediakan
berbagai kebutuhan konsumen, mulai dari kebutuhan elektronik hingga kebutuhan
pokok sehari-hari yang layak diperjual-belikan di situs plasa.com.
-
Menyediakan
jasa pengiriman barang seperti JNE kepada pelanggan, sehingga proses pengiriman
barang dapat cepat terjadi atau dapat menghemat waktu penyampaian barang kepada
pelanggan.
-
PLASA.COM juga menyediakan langkah-langkah
pemesanan barang dan jasa pembayaran barang secara online, via kartu kredit
atau ATM ( VISA, MASTER CARD, dan BCA ) dan melalui kurir yang mengantar barang
pelanggan.
-
Plasa.com
juga menyediakan berbagai produk dimulai dari jenis yang lama hingga produk
baru, sehingga pelanggan dapat memilih produk sesuai seleranya, namun selama
persediaan produk tersebut masih ada.
-
Plasa.com
menyediakan penjualan terbaik, sehingga pelanggan dapat mengetahui produk apa
saja yang menjadi penjualan terbaik didukung kualitas dan kuantitas tiap periode
penjualan terbaik.
Pertukaran Data dari PLASA.COM adalah
Pertukaran Data dari PLASA.COM juga
beragam, sehingga para pelanggan dapat memilih produk sesuai kebutuhannya, dan
dalam pembayaran juga dimudahkan karena menggunakan sistem online, kartu kredit dan pembayaran langsung di tempat
pengiriman barang.
Saat ini PLASA.COM hanya menawarkan
biaya pengiriman barang gratis kepada seluruh pengiriman barang di daerah
JABODETABEK.
Untuk para domainer ataupun
pengembang web, ini tentunya indikasi bagus yang menunjukkan mulai
berkembangnya bisnis online Indonesia, dan pastikan anda tidak ketinggalan
kereta. Bisnis online skala rumahan sudah menjamur, dan pengetahuan terhadap
pentingnya kualitas domain dan manajemen SEO domain semakin meningkat, dan ini
ditandai Pemesanan
barang juga dapat dilakukan via online, atau dengan situs tambahan plasa.com
dengan jaminan produk berkualitas (barang tidak cacat).
TINGKAT KEAMANAN
Menurut saya, tingkat
keamanan dalam e-commerce plasa.com sangat terjamin. Salah satu masalah terbesar
yang masih dihadapi oleh bisnis online Indonesia adalah sistem pembayaran
online, sistem pembayaran belanja online saat ini masih menggunakan sistem
tradisional, dengan cara transfer antar rekening, yang tentunya membutuhkan
waktu dalam hal verifikasi dan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam
bertransaksi yang masih rendah. Kalau Ebay mampu menawarkan sistem pembayaran
terintegrasi seperti halnya kombinasi Ebay dan Paypal, dan lebih-lebih kalau
terkoneksi kesemua bank di lokal di Indonesia, maka bukan tidak mungkin mereka bisa merajai pangsa pasar bisnis online
Indonesia.
dengan sejumlah nama
domain berbahasa Indonesia yang terjual dengan harga yang lumayan.
KENDALANYA
ADALAH
o
Menurut
saya. Kita tahu pada dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana
pemasaran yang menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang sangat
kita butuhkan adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan akses internet
akan menghambat perkembangan e-commerce, hal yang dulu mengakibatkan terabainya
e-commerce, namun sekarang kita dapat merasakan efek perkembangan internet di
Indonesia, akses internet semakin murah dan cepat, ini terjadi karena
persaingan antar provider, dan justru hal inilah yang akan meningkatkan jumlah
pengguna internet. Kemudian beberapa hal yang juga membuat kita optimis akan
berkembangnya e-commerce adalah dukungan dari sektor perbankan yang telah
menyediakan fasilitas internet banking yang akan mempercepat proses transaksi,
selanjutnya semakin murah biaya web hosting dan mudahnya membangun situs
e-commerce.
- Adapun hal-hal yang menjadi permasalahan dan menghambat adalah kebiasaan, masyarakat kita belum terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Kita terbiasa untuk melihat dan merasakan secara langsung apa yang akan kita beli. Padahal kita dapat membeli benda-benda tersebut tanpa harus melihatnya secara fisik.
- Masalah selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet karena belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia digital, seperti bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang berlaku jika terjadi kejahatan.
- Jadi perkembangan e-commerce di Indonesia atau e-commerce plasa.com ini harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan dan berbagai potensi kerugian lainnya. Sehingga kegiatan jual beli tersebut dapat dilakukan secara aman dan nyaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar