Rabu, 24 Oktober 2012

E-COMMERS



Saya memilih situs PLASA.COM

Plasa.com melalui situs www.plasa.com dari PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan e-commerce melalui situs internet shopping (belanja internet) sebagai sarana penyedia barang / produk berkualitas yang dapat dengan mudah dibeli oleh para konsumen melalui situs shopping plasa yang dapat dipercaya serta memiliki ruang lingkup mendunia.
Plasa.com dikelola oleh Iriana Muadz, Chief Executive Officer PT Metranet, ia berharap melalui situs yang terintegrasi ini pihaknya berharap dapat memperkaya konten Plasa.com dan memberikan kesempatan bagi kalangan dunia usaha untuk dapat memanfaatkan ekosistem Plasa.com yang beragam ini untuk menjangkau target pasar yang lebih luas lagi, baik dari segi demografis maupun psikografis. “Melalui strategi ini, Plasa.com yakin dapat menjadi portal e-commerce yang akan banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam mencari saluran distribusi baru sehingga dapat menjangkau target konsumen mereka ke pasar yang lebih luas (DUNIA),”.
Produk layanan TELKOM yang satu ini baru-baru ini telah membuka 2 situs baru sebagai tambahan situs plasa.com, yaitu Plasa.com dan Plasa Ticket. Plasa.com memperkenalkan dua situs baru yaitu Plasa.com merupakan situs yang menyediakan barang-barang berkualitas, high end serta up to date sedangkan Plasa Ticket yang melayani penjualan tiket konser dan pertunjukan. Kedua situs baru ini melengkapi situs sebelumnya yaitu Plasa Trade Center yang merupakan situs layanan khusus untuk Usaha Kecil dan Menengah. Plasa.com dapat diakses di alamat www.plasa.com, sedangkan Plasa Ticket dan Plasa Trade Centre dapat diakses melalui http://.plasa.com dan http://trade.plasa.com

 Strategi Perdagangannya yaitu: 

-         Memberikan kesempatan bagi kalangan dunia usaha untuk dapat memanfaatkan ekosistem Plasa.com yang beragam ini untuk menjangkau target pasar yang lebih luas lagi, baik dari segi demografis maupun psikografis.

-        Menyediakan infrastruktur layanan situs belanja guna meningkatkan layanan agar pelanggan lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah dalam mengakses layanan dengan informasi yang menghibur dan edukatif, sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen dari seluruh Indonesia akan berbagai jenis barang.

-         Plasa.com juga membuat strategi kerjasama dengan eBay untuk memberdayakan bisnis dari Indonesia dengan memberikan fasilitas bagi para penjual asal Indonesia untuk menjual barang mereka dengan pangsa pasar international melalui eBay.

-          Membuat situs rangkap atau situs tambahan belanja seperti plasa tiket dan plasa trade center dengan tujuan menambah pelayanan bagi konsumen plasa.com dan memperluas ruang lingkup belanja para konsumen.

-          Menyediakan berbagai kebutuhan konsumen, mulai dari kebutuhan elektronik hingga kebutuhan pokok sehari-hari yang layak diperjual-belikan di situs plasa.com.

-          Menyediakan jasa pengiriman barang seperti JNE kepada pelanggan, sehingga proses pengiriman barang dapat cepat terjadi atau dapat menghemat waktu penyampaian barang kepada pelanggan.

-          PLASA.COM juga menyediakan langkah-langkah pemesanan barang dan jasa pembayaran barang secara online, via kartu kredit atau ATM ( VISA, MASTER CARD, dan BCA ) dan melalui kurir yang mengantar barang pelanggan.

-          Plasa.com juga menyediakan berbagai produk dimulai dari jenis yang lama hingga produk baru, sehingga pelanggan dapat memilih produk sesuai seleranya, namun selama persediaan produk tersebut masih ada.

-          Plasa.com menyediakan penjualan terbaik, sehingga pelanggan dapat mengetahui produk apa saja yang menjadi penjualan terbaik didukung kualitas dan kuantitas tiap periode penjualan terbaik.


Pertukaran Data dari PLASA.COM adalah

Pertukaran Data dari PLASA.COM juga beragam, sehingga para pelanggan dapat memilih produk sesuai kebutuhannya, dan dalam pembayaran juga dimudahkan karena menggunakan sistem online, kartu kredit dan pembayaran langsung di tempat pengiriman barang.
Saat ini PLASA.COM hanya menawarkan biaya pengiriman barang gratis kepada seluruh pengiriman barang di daerah JABODETABEK.
Untuk para domainer ataupun pengembang web, ini tentunya indikasi bagus yang menunjukkan mulai berkembangnya bisnis online Indonesia, dan pastikan anda tidak ketinggalan kereta. Bisnis online skala rumahan sudah menjamur, dan pengetahuan terhadap pentingnya kualitas domain dan manajemen SEO domain semakin meningkat, dan ini ditandai Pemesanan barang juga dapat dilakukan via online, atau dengan situs tambahan plasa.com dengan jaminan produk berkualitas (barang tidak cacat).


TINGKAT KEAMANAN
Menurut saya, tingkat keamanan dalam e-commerce plasa.com sangat terjamin. Salah satu masalah terbesar yang masih dihadapi oleh bisnis online Indonesia adalah sistem pembayaran online, sistem pembayaran belanja online saat ini masih menggunakan sistem tradisional, dengan cara transfer antar rekening, yang tentunya membutuhkan waktu dalam hal verifikasi dan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi yang masih rendah. Kalau Ebay mampu menawarkan sistem pembayaran terintegrasi seperti halnya kombinasi Ebay dan Paypal, dan lebih-lebih kalau terkoneksi kesemua bank di lokal di Indonesia, maka bukan tidak mungkin mereka bisa merajai pangsa pasar bisnis online Indonesia.
dengan sejumlah nama domain berbahasa Indonesia yang terjual dengan harga yang lumayan.


KENDALANYA ADALAH
o        Menurut saya. Kita tahu pada dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana pemasaran yang menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang sangat kita butuhkan adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan akses internet akan menghambat perkembangan e-commerce, hal yang dulu mengakibatkan terabainya e-commerce, namun sekarang kita dapat merasakan efek perkembangan internet di Indonesia, akses internet semakin murah dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar provider, dan justru hal inilah yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet. Kemudian beberapa hal yang juga membuat kita optimis akan berkembangnya e-commerce adalah dukungan dari sektor perbankan yang telah menyediakan fasilitas internet banking yang akan mempercepat proses transaksi, selanjutnya semakin murah biaya web hosting dan mudahnya membangun situs e-commerce.
  • Adapun hal-hal yang menjadi permasalahan dan menghambat adalah kebiasaan, masyarakat kita belum terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Kita terbiasa untuk melihat dan merasakan secara langsung apa yang akan kita beli. Padahal kita dapat membeli benda-benda tersebut tanpa harus melihatnya secara fisik.
  • Masalah selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet karena belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia digital, seperti bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang berlaku jika terjadi kejahatan.
  • Jadi perkembangan e-commerce di Indonesia atau e-commerce plasa.com ini harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan dan berbagai potensi kerugian lainnya. Sehingga kegiatan jual beli tersebut dapat dilakukan secara aman dan nyaman.



    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar